Kamis, 03 Juni 2010

Pengertian SISTEM


Robert G. Murdick mengungkapkan ”Sistem adalah seperangkat elemen yang digabungkan satu dengan lainnya untuk satu tujuan bersama”.
Demikian pula didefinisikan oleh Jogiyanto HM. “Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu”.
Suatu sistem mempunyai maksud tertentu. Ada yang menyebutkan maksud dari suatu sistem adalah untuk mencapai suatu tujuan (goal) dan ada yang menyebutkan untuk mencapai suatu sasaran (objectives). Goal biasanya dihubungkan dengan ruang lingkup yang lebih luas dan sasaran dalam ruang lingkup yang lebih sempit. Bila merupakan suatu sistem utama, seperti sistem bisnis, maka istilah goal lebih tepat diterapkan. Untuk sistem infomasi akademik atau sistem-sistem yang lainnya merupakan bagian atau subsistem dari system bisnis, maka istilah objectives yang lebih tepat. Jadi tergantung dari ruang lingkup dari mana memandang sistem tersebut. Seringkali tujuan (goal) dan sasaran (objectives) digunakan bergantian dan tidak dibedakan. Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat yang tertentu, yaitu mempunyai komponen-komponen (components), batas system (boundary), lingkungan luar sistem (environments), penghubung (interface), masukan (input), keluaran (output), pengolah (process) dan sasaran (objectives) atau tujuan (goal).

0 komentar:

Posting Komentar